De stijl (1917-1931)
   
De stijl bukan lah kelompok homogen atau kelompok dengan sebutan ‘ism’ di belakangnya seperti kubism atau surrealism. Bukan juga sebuah sekolah seni ataupun desain seperti Bauhaus tetapi DE stijl merupakan suatu proyek bersama  yang di organisasikan atau di jalankan oleh para pelukis, desainer, penulis, pembuat propaganda negri Belanda dan dapat pula disebut sebuah representative dari pergerakan moderen.
    
De stijl merupakan pergerakan dalam bidang seni yang pertama kali berkembang dari negri Belanda pada sekitar tahun 1917 sampai 1931an. Tokoh penggeraknya merupakan pelopor seni abstrak Piet Modrian dan Theo van  Doesburg.
  
Ada juga sumber yang mengatakan bahwa pengertian DE stijl adalah suatu pergerakan di kalangan seniman dan arsitek di post-Holland WWI yang mencoba menimbulkan gaya universal dalam melukis, arsitektur, dan pola, memakai persegi dan bujur sangkar di bidang datar dan berani menggunakan warna pokok seperti hitam, abu-abu dan putih.
De stijl mempunyai pengaruh yang dalam atas perkembangan seni abstrak  dan pola arsitektur  modern.
  
Ciri De Stijl:
Tidak representasional, tidak ilustratif ataupun naratif. Menggunakan bentuk-bentuk geometris, dengan konstruksi yang sangat teknis. Merupakan perkembangan dari aliran konstruktivism.
De stijl merupakan alat yang digunakan Piet Modrian untuk menyampaikan gagasannya tentang seni.
  Mondrian awalnya dipengaruhi oleh kubisme Picasso, namun ia menghilangkan berbagai garis lengkung dan hanya menyisakan garis vertikal dan horisontal. Gaya ini disebut Neo Plastisisme.
Neo Plastisisme adalah bagian dari De Stijl yang menekankan kelenturan bidang dengan memanfaatkan garis vertikal-horisontal dan warna biru-merah-kuning-hitam-putih.
  
SEJARAH
  
Berdasar dari kesibukan gerakan seni baru yang diikuti sebuah persepsi baru melukis impresionisme yang revolusioner, kubisme timbul di awal abad ke 20 sebagai aliran baru yang penting dan berpengaruh di Belanda . Tetapi karena Belanda menganut paham netral di world war I, Seniman belanda tidak dapat meninggalkan negrinya setelah tahun 1914. Yang oleh sebab itu, secara efektif di isolasikan dari dunia seni internasional khususnya paris yang pada saat itu menjadi pusat seni internasional.
  
Selama periode isolasi tersebut, Pelukis Theo van Doesburg mulai mencari seniman lain untuk mendirikan  jurnal dan memulai pergerakan seni. Van Doesburg adalah seorang pelukis, penyair, dan kritikus yang karya tulisannya mengenai seni lebih berhasil daripada karya seni independent nya. Ia pun cukup mahir untuk membuat kontak baru dikarenakan sifat flamboyannya dan keramah tamahanya yang telah berguna membangun banyak koneksi yang berguna di dunia seni.
  
Sekitar 1915, Van Doesburg menemui seorang seniman yang akhirnya akan menjadi pendiri jurnal. Ia pertama kali bertemu Piet Modrian di sebuah pameran di Amsterdam stejelijk museum.
  
Mondrian yang pada saat itu telah pindah ke Paris dan mengganti namanya dengan mondriaan sedang mengunjungi Belanda pada saat perang berlangsung oleh sebab itu, ia tidak dapat kembali ke paris dan menetap di komunitas seniman di Laren dimana ia bertemu dengan Bart van der Leck dan sering melihat M.H.J. Schoenmaekers.
  
Di tahun 1915 Schoenmaekers mempublikasikan Het nieuwe wereldbeeld (‘image baru dunia), diikuti pada 1916 Beginselen der beeldende wiskunde (‘prinsip matematik plastik’).  Kedua tulisan ini sangat mempengaruhi Mondrian dan anggota de stijl lainnya..Van doesburg juga mengenal J.P.P.Oud dan seniman Hunggaria yang bernama Vilmos Huszàr. Pada tahun 1917, pekumpulan seniman tersebut bergabung dengan sebuah puisi Anthony Kok. Di tahun 1918 Gerrit Rietveld bergabung dengan grup seniman tersebut. Selama beberapa tahun pertama, kelompok tersebut masih bersifat relatif homogen sweperti contohnya, Semenjak sepeninggalan Van der Leck di 1918, para seniaman mempunyai pendapatnya sendirisendiri mengenai manifesto yang telah dipublikasikan dan ditandatangani oleh semua anggota. Masalah sosial dan ekonomi pada saat tersebut membentuk suatu sumber inspirasi yang penting bagi teori-teori mereka. Ide-ide mereka tentang arsitektur sangat ter influence oleh Berlage dan Frank Lloyd Wright. Sepanjang tahun 1921, karakter kelomppok muai berubah. Mulai dari pada saat van doesburg berasosiasi dengan bauhaus, anggota lain mulai berpengaruh untuk memainkan peranannya. Pengaruh ini seperti Malevich dan konstruktivisme di Rusia yang tidak semua anggota setujui. Oleh sebab itu, pada 1924 Mondrian pecah dari kelompok setelah van doesburg mengajukan teori tentang elementarism, mengajukan bahwa garis diagonal lebih penting daripada garis horisontal dan vertikal. Pada kondisi tersebut, kelompok de stijl merekrut banyak anggota baru. 
1931, Theo van Doesburg meninggal di Davos dan isterinya Nelly menangani perusahaanya. Karena hilangnya peranan penting van doesburg, kelompok ini tidak dapat bertahan. De stijl tidak dapat bertahan tanpa seseorang dengan karakter yang kuat di tengahnya. Tetapi banyak seniman tapi tidak semua anggota kelompok de stijl tetap pada ide dasar pergerakan de stijl. Seperti Rietveld contohnya, ia melanjutkan desain furniture nya berdasar pada prinsip de stijl.

Pengaruh DE STIJL terhadap ARSITEKTUR

Rietveld schroder house merupakan satu-satunya bangunan dimasanya yang menganut paham de stijl.
Schroder House
schroderhouse06.jpg
dibangun (1923-1924)
lokasi Utrecht, Belanda
Schroder house ini dirancang oleh Gerrit Rietveld untuk nyonya Truus Schroder- Schrader karena setelah kematian suaminya, ia menginginkan rumah yang lebih kecil untuk ditinggalinya bersama ketiga anaknya.
Ia tinggal di rumah tersebut mulai dari pada saat dibangun pada tahun1924 hingga pada saat kematiannya pada tahun 1985.
Schroder house ini memiliki dua lantai .Pada lantai pertama terdapat ruang baca, dapur, ruang makan, ruang tamu, dan gudang.  sedangkan kamar tidur ditempatkan di lantai atas.
Konsep bangunannya dibuat berdasar beberapa kriteria yang diberikan nyonya Schroder untuk desain ruangannya. Kriteria tersebut diantaranya:
1. ranjang harus dapat pas ditempatkan di ruangan dengan dua posisi yang berbeda.
2. Tiap ruangan harus mempunyai suplai air dan drainase langsung
3. Tiap ruangan harus mempunyai akses untuk menuju ke luar rumah.
 Dan Rietvield berhasil mewujudkan kriteria-keriteria tersebut dengan membuat suatu karya masterpiece yang sangat memperhatikan pada detail termsuk pemilihan warna untuk tembok yang disamakan dengan pola lukisan DE stijl pada kanvas.
Pemilihan warna pada beberapa tempat memiliki arti tersendiri. Seperti contoh warna hitam pada pinti dimaksudkan karena pinti tersebut merupakan akses terpenting dan akses yang paling sering dilalui.
Karyakarya DE STIJL yang terkenal:

Piet Mondriaan – Composition with Color Planes and Gray Lines (1918)
http://i277.photobucket.com/albums/kk50/pshycochrome/Art20-20Piet20Mondriaan20-20Composi.jpg
Piet mondriaan – Compasition with Red, Yellow, Blue and Black Composition (1921).
http://i277.photobucket.com/albums/kk50/pshycochrome/compositionWithRedYellowAndBlue.jpg
Piet Mondriaan – Composition No 2 (1922.)
http://i277.photobucket.com/albums/kk50/pshycochrome/Art20-20Piet20Mondriaan20-20Comp-2.jpg
Piet Mondriaan – Composition with Red, Yellow and Blu e(1921)
http://i277.photobucket.com/albums/kk50/pshycochrome/Art20-20Piet20Mondriaan20-20Comp-1.jpg

tokoh: 
  
Theo van Doesburgh
theo.jpg
Theo van Doesburg lahir di Utrecht, Belanda, Agustus di 30, 1883. Ia menyelenggarakan pameran lukisan perdananya pada 1908 di Den Haag.
Di awal 1910s dia menulis puisi dan memntapkan diri sebagai seorang pengamat atau kritikus seni.
  
Dari 1914 ke 1916 ia bergabung dengan tentara Belanda,
Pada waktu ia menetap di Leiden, ia memulai kerjasamanya dengan arsitek J. J. P. Oud dan Jan Wils.
  
Di 1917 mereka menemukan grup yang mereka namai DE STIJL dengan anggota asli lainnya yang diantaranya, Vilmos Huszár, Piet Mondrian, Bart van der Leck, dan Georges Vantongerloo.
Pada tahun tersebut pula Van Doesburg menangani dekorasi untuk proyek Oud’s De Vonk  di Noordwijkerhout.
  
Tahun 1920 ia melanjutkan tulisannya dengan nama I.K Bonset dan surat Aldo Camini.
  
Tahun 1921 Van Doesburg mengunjungi Berlin dan Weimar dan sepanjang tahun mengajar di Weimar Bauhaus. Dimana ia berkumpul bersama Raoul Hausmann, Le Corbusier, Ludwig mies van der Rohe dan Hans Richter.
  
Pada saat itu, ia tertarik pada Dadaism dan berkerja dengan Kurt Schwitters sama baiknya dengan Jean Arp, Tristan Tzara, dan lainnya di  the review Mécano pada 1922.
  
1923 Pameran desain arsitektur oleh  Gerrit Rietveld, van Doesburg, and Cor van Eesteren yang dilangsungkan di Paris tepatnya di galeri  Léonce Rosenberg’s selain itu juga melangsungkan pemeran di galeri l’Effort Moderne dan pada taun  1924 di  the Ecole Spéciale d’Architecture.
  
Tahun 1924  The Landesmuseum of Weimar  memamerkan karya van Doesburg. Dan pada saat yang bersamaan ia memberi pengajaran di literature modern di Prague, Vienna, dan Hannover. Selain itu, Bauhaus mempublikasikan karya van doesburg yaitu  Grundbegriffe der neuen gestaltenden Kunst (Principles of Neo-Plastic Art).
  
Lembaran baru dalam De stijl dinyatakan oleh van doesburg di manifestonya tentang “Elementarism” yang di publikasikan tahun 1926. Selama tahun tersebut ia berkolaborasi dengan Arp dan Sophie Taeuber menghasilakan -Arp on the decoration of the restaurant- cabaret L’Aubette di Strasbourg,
  
1929 Van doesburg kembali ke Paris dan mulai berkerja di house at Meudon-Val-Fleury bersama van Eesteren. Bersamaan di tahun tersebut ia mempublikasikan issue pertamanya tentang kebenaran seni “ART CONCRET, the organ of the Paris”
  
Van Doesburg merupakan kekuatan penggerak dibalik formasi grup Abstraction-Création di Paris.
  
Seniman ini meninggal dunia pada 7 maret 1931 di Davos, Switzerland.
  
PIET MONDRIAN
 piet.jpg
  
Piet Mondrian pada dasarnya terlahir atas nama Pieter Cornelius Mondriaan pada 1872 di Amersfoort, Holland didalam sebuah keluarga Calvinist yang ketat. Pada usia 14 tahun, ia menyelesaikan sekolah . Ayah nya yang merupakan kepala sekolah dasar dan juga merupakan instructor menggambar mendukung keputusan anaknya untuk melanjutkan studinya untuk mendapat gelar diploma di bidang pengajaran tentang menggambar freehand bagi primary and secondary schools.
  
Pameran perdana Mondrian tentang dua gambar di tahun 1890 menerima hasil yang diinginkan.
  
1892 mondrian menyelesaikan gelar diplomanya dan pindah ke Amsterdam dan menerima penghargaan untuk belajar menggambar di Rijksacademie (Royal Academy).
  
Selama empat tahun dtudinya, ia mendukung dirinya untuk memberikan les prifat, mengkopi karya museum, melakukan suatu scientific drawings, dan kadang kala menjual suatu landscape painting.
  
Mulai tahun 1897 sampai 1909 Mondrian menggambar pemandangan negri Belanda dengan kincir anginnya , pohon, pertanian dan the Gien River dekat Amsterdam.
  
Pada tahun 1911 sampai 1914 Mondrian tinggal di paris dimana hubungan eratnya dengan  pemikiran kubis mengubah gaya lukisannya dari naturalis menjadi abstrak.
  
1917 Ia berada di antara para anggota penemu kelompok De stijl di Belanda, dengan misi untuk membentuk atau membangun seni universal yang independen bagi emosi manusia dengan menset beberapa kriteria umum tentang estetik seperti bentuk dari restricted ke rectangle, membatasi warna dengan hanya menggunakan warna-warna primer seperti (merah, kuning, biru) dan warna-warna seperti hitam, putih dan abu-abu dan bentuk komposisi dari perpendicular planes menjadi bentuk yang assimetris.
  
Mondrian melukis di Belanda, Paris, dan London hingga tahun 1940. setelah itu, ia pindah ke New York. Ia tinggal dan hidup di New YORK sampai ia meninggal dunia pada 1944. Pada saat ia berada di New York, ia melukis  boogie woogie sebuah karya broadway yang terkenal dimasanya.

 

Gerrit Rietveld

rietveld.jpg

(1888-1964)

Gerrit merupakan seorang desainer dan arsitek Belanda yang dilahirkan dengan nama Gerrit Thomas Rietveld. Iameninggalkan sekolah sejak umur 11 tahun untuk masuk ke dalam workshop ayahnya.

Pada tahun 1918, ia bergabung dengan kelompok De stijl

Tahun 1924 ia membangun Schroder house yang mejadi panutan dalam desain arsitektur modern.

 

  
Tokoh-tokoh lainnya:
Georges Vantongerloo
Mies van dr Rohe
Jean Arp
El Lissitzky
Romert van’t Hoff
Cesar Domela
Cornelis van Eesteren
Piet Zwart
Friedrich Vordemberge-Gildewart
Jan Wils
Antony Kok
Gerrit Thomas Rietveld
Sophie Taeuber-Arp
Vilmos Huszar
Bart van der Leck
Jacobus-Johannes-Pieter Oud

 

  
DAFTAR PUSTAKA
www.britannica.com/eb/article-9069698/De-Stijl
http://www.artsmia.org/modernism/nintro.html
en.wikipedia.org/wiki/De_Stijl
http://www.guggenheimcollection.org/site/artist_bio_157.html
http://www.pietmondrian.net/hbio.html
http://www.hud.ac.uk/schools/library/hip/design/lecture/destijl.html
www.vangoghgallery.com/artistbios/Piet_Mondrian.html 

 http://www.bc.edu/bc_org/avp/cas/fnart/arch/20_schroder.html

www.galinsky.com/buildings/schroder/index.htm