Art and Craft Movement adalah sebuah gerakan yang berkembang pada abad 19, yaitu sekitar tahun 1860-1920 di Britania Raya (Inggris). Gerakan ini berupaya untuk menghidupkan kembali karya seni, karya arsitektur, serta dekorasi yang bersifat Handcrafted (buatan tangan) sebagai reaksi perlawanan / penolakan kaum minoritas pada masa Revolusi Industri (± 1850) yang lebih menghargai kealamian daripada kecanggihan mesin.

Gerakan ini dipelopori oleh John Ruskin dan William Morris. Ruskin adalah seorang pengkritik seni yang menganggap bahwa dengan hadirnya Revolusi Industri maka kualitas seni dan desain di Inggris akan semakin langka. Ruskin juga mengkritik pembuatan furnitur dan barang-barang dekoratif lainnya oleh mesin-mesin industri, Ia berpendapat bahwa dengan cara pembuatan seperti itu tidak ada sense of art-nya sama sekali. Maka, dasar pemikiran Ruskin ini lalu diaplikasikan oleh muridnya yang bernama William Morris dalam menghasilkan karya seni, barang maupun produk yang murni buatan tangan.

Karya-karya seni pada masa ini banyak terinspirasi akan unsur Gothic, budaya abad pertengahan, dan juga budaya oriental (ketimuran). Seperti seorang arsitek yang bernama A. W. N. Pugin menghidupkan gaya Gothic sebagai trend pada masa itu kedalam karya-karya seni arsitektur lainnya di Inggris. Banyak tokoh dari gerakan ini menganut paham sosialis.

Pada tahun 1890 pengaruh dari gerakan ini mulai meluas dan dapat diterima masyarakat umum, tidak lagi diidentikkan dengan kaum minoritas. Konsep pemikiran dan ide-idenya juga menjadi trend dan merebak ke berbagai negara seperti Perancis, Rusia, Irlandia,dan yang terutama adalah Amerika.

Di Amerika pengaruh gerakan ini berkembang dan melahirkan berbagai paham dan konsep baru sebagai pentafsiran ulang atau bahasa kerennya re-interpretation gaya Arts and Crafts di Eropa untuk pasar Amerika.

Paham dan konsep baru tersebut antara lain:

  • “Craftsman”-style architecture, furniture, and other decorative arts yang dipopulerkan oleh Gustav Stickley.
  • Rumah dengan gaya Bungalow, dipopulerkan oleh Greene and Greene.
  • Komunitas Utopia seperti Byrdcliffe dan Rose Valley.
  • Pendirian studio-studio kerajinan tangan kontemporer yang muncul di daerah Rookwood, Detroit, dan Pasadena-California.
  • Dll.

Tokoh-tokoh Penting:

William Morris, Charles Robert Ashbee, T. J. Cobden Sanderson, Walter Crane, Nelson Dawson, Phoebe Anna Traquair, Herbert Tudor Buckland, Charles Rennie Mackintosh, Christopher Dresser, Edwin Lutyens, Ernest Gimson, William Lethaby, Edward Schroeder Prior, Frank Lloyd Wright, Gustav Stickley, Greene & Greene, Charles Voysey, Christopher Whall.

Trivia

Pada tahun 1861, William Morris mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang dekorasi dan desain interior yang diberi nama Morris, Marshall, Faulkner, and Company. Setelah tahun 1875, berganti nama menjadi Morris and Company (Morris & Co).

Kontroversi yang dihasilkan gerakan ini menjadi masalah dalam peradaban dan dunia modern sekarang ini. Yaitu, kaum penganut paham progressif mengklaim bahwa gerakan ini mencoba untuk memutar-balikkan waktu dan hal itu tidak mungkin dapat dilakukan, dan paham Arts and Crafts Movement tidak dapat diterima sebagai acuan dalam kerja praktek di jaman urban dan industrialisasi sekarang ini.

Tokoh:

William Morris

William Morris

Hasil Karya:

Artichoke - W. Morris Tempat tidur karya Morris craft.gif

Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Arts_and_Crafts_Movement

http://char.txa.cornell.edu/art/decart/artcraft/artcraft.htm

http://www.behr.com/behrx/inspiration/historical_3.jsp

http://www.arts-crafts.com/http://www.arts-crafts.com/

http://images.google.co.id/imgres?imgurl=http://www.oldhouses.com/images/arts-crafts-accent.jpg&imgrefurl=http://www.oldhouses.com/styleguide/arts-and-crafts-houses.htm&h=293&w=285&sz=20&hl=en&start=5&tbnid=CZj_qtpZZolL4M:&tbnh=115&tbnw=112&prev=/images%3Fq%3Dart%2B%2526%2Bcrafts%2Bmovements%26gbv%3D2%26hl%3Den%26sa%3DG