PANDANGAN BAUHAUS SECARA UMUM

adalah sebuah aliran (gaya) arsitektur yang didirikan oleh Walter Gropius pada tahun 1913 yang berasal dari Bauen (to build) dan Haus (house). Pelopor International Style dan mengenalkan konsep “form follows function”, yaitu bentuk bangunan mengikuti fungsi yang ada pada bangunan tersebut. Bauhaus memiliki pengaruh besar terhadap arsitektur dunia.

Gropius , Otto Dix, Max Beckman tadinya bergabung dalam gerakan German Werbund yang mendukung perang sebagai solusi unjuk kekuatan Jerman. Namun setelah itu mereka menerbitkan petisi anti-perang, yang menyatakan bahwa kaum intelektual harus melakukan perpindahan dari perang fisik menuju pertempuran budaya. Gropius kemudian mereformasi sistem German Werkbund menjadi sistem pendidikan yang disebut ‘ Staatliches Bauhaus-Weimar’

DESAIN BAUHAUS

Prinsip pada Bauhaus adalah sesuai dengan perkembangan dalam rumah modern, dari yang paling mendasar yaitu perlengkapan rumah tangga untuk melengkapi ruma. Walter Groupis, adalah direktur pertama pada Bauhaus, yang beryakinan ” setiap bagian rumah dan perabotan rumah tangga harus mempunyai sebuah kegunaan dalam setiap hubungan masing-masing dan bertujuan untuk mendapatkan fungsi asli objek dan pembatas pembatasan, dalam pelaksanaan percobaan secara teratur”.

ARSIP BAUHAUS

Dimulai dengan melawan keterbatasan : ” bangunan masa depan” adalah penggabungan semua seni – seni yang ideal. Ini adalah tipe yang baru melebihi spesialisasi akademi, untuk Bauhaus yang menawarkan pendidikan yang baru. Dalam mencapai sasaran sang penemu Walter Gropius melihat kewajiban dalam mengembangkan ajaran metode terbaru dan menyakinkan bahwa dasar dari seni apapun akan ditemukan dalam kerajinan tangan : “sekolah secara perlahan-lahan menuju kedalam loka karya “. Sebenarya artis dan tenaga kerja mengarah ke tanpa perbedaan golongan dan memproduksikan bersama pada Bauhaus di Weimar. Ini direncanakan untuk menghilangkan jarak antara seni murni dan seni terapan.

BERDIRINYA SEKOLAH BAUHAUS

 d.jpg

(Para pendiri Bauhaus yang berdiri diatas atap. Dari sebelah kiri: Josef Albers, Hinnerk Scheper, Georg Muche, László Moholy-Nagy, Herbert Bayer, Joost Schmidt, Walter Gropius, Marcel Breuer, Vassily Kandinsky, Paul Klee, Lyonel Feininger, Gunta Stölzl dan Oskar Schlemmer )

 

Bauhus pada awal berdirinya merupakan kombinasi dari Weimar Arts and Crafts School dan Weimar Art Academy. Siswa sekolah dilatih menjadi seniman dan ahli kriya (master of craftman). Baginya seniman modern harus terbiasa dengan sains dan ekonomi, dan memulai menyatukan imajinasi kreatif dengan pengetahuan pertukangan kemudian mengembangkan suasana baru dalam desain fungsional Bauhaus adalah sistem sekolah yang menggabungkan seni terapan, yakni arsitektur, seni, desain, dan kriya sebagai satu kesatuan bersama teknologi. Ditengah kecamuk perang dunia pertama, saat berbagai kepentingan berubah wujud menjadi tank, senapan, granat dan kemudian tangisan dan darah menjadi hasilnya, dengan mantap Walter Grapius, seorang Jerman, tergugah untuk ikut memperbaiki ekonomi negaranya yang luluh lantak akibat perang. Teknologi menjadi kata kunci penyelamatan. Maka dimulailah proyek besar sebuah integrasi antara teknologi industri dan seni. Gropius berkeinginan untuk membuat lembaga yang berfungsi sebagai “consulting art center for industry and the trades ” (Bauhaus 1919-1928 ). Lewat Bauhaus, Gropius, sang pendiri Bauhaus, merasa perlu untuk mengintegrasikan antara seni lukis, patung, kriya dan disain sebagai elemen yang tujuan akhirnya adalah sebuah lanskap arsitektur yang utuh. Perhatikan arti Bauhaus, dari ‘Bauen’ yang bararti to build dan ‘hous’ yang berarti the house. Selain itu seni panggung, teater juga menjadi bagian dari proyek edukasi Bauhaus yang resmi didirikan tahun 1919 di Weimar.

Konsepnya adalah industrialisasi hanya dapat diterima melalui kemampuan seni dan ide yang cemerlang.

Bauhaus adalah upaya membangun Jerman akibat perang dengan meningkatkan mutu desain di era industri dengan harga yang murah. Prinsip pengajaran Bauhaus:
Dipengaruhi oleh seni ekspresionisme
Menggunakan ‘garis bauhutte’ (master/ahli—journeyman/pengembara—apprentice/murid magang)
Menggabungkan seniman dan karyawan.

SEJARAH UMUM SEKOLAH BAUHAUS

Bauhaus adalah sekolah seni internasional pertama untuk didirikan sesudah First World War pada Republik baru.
Diadakan oleh Walter Gropius.

Sekolah adalah seorang pangganti langsung “Deutscher Werkbund”, kombinasi seni yang paling berhasil dan penting dan ekonomi sebelum First World War, yang sudah didirikan pada 1907.

Dalam tiga tahun Gropius berhasil menarik lingkungan besar seniman avant-garde kepada Bauhaus, semuanya yang secara internasional sudah dikenali.
Daftar nama guru pertama – yang dinamai “Meister” di Bauhaus – memang mengesankan: Lyonel Feininger, Johannes Itten, Wassily Kandinsky, Paul Klee, Gerhard Marcks dan Oskar Schlemmer.

Tahun-tahun awal sekolah diserahkan ke di sejarah seni seEkspresionis “Bauhaus”.Masa merujuk pada fakta bahwa guru kelas seni bebas, dan teristimewa Johannes Itten, menyampaikan tamsilan mistik dunia dengan tekanan atas daya cipta manusiawi daripada rationalism dan profitability.

Doktrin Bauhaus di umum berdasarkan gagasan Gesamtkunstwerk.
Gesamtkunstwerk ini seharusnya dihasilkan oleh sekelompok bengkel yang dihubungkan yang didesain seperti pondokan Freemason pertengahan.
Tahap pertama Bauhaus ditentukan oleh “himpunan” syarat-syarat”, keahlian dan Arsitektur.

Selama tahap kedua, dari 1922, “macam dan fungsi, teknik dan industri” lebih penting.Untuk sebab politik Bauhaus mesti pindah ke Dessau pada 1924.Sesudah empat tahun, pada 1928, Walter Gropius mengundurkan diri dari posnya sebagai direktur Bauhaus.Dia diganti oleh Hannes Meyer, yang memasukkan bengkel baru untuk fotografi, seni pahat dan psikologi.Hannes Meyer dipaksa untuk mengundurkan diri pada 1930 karena dia sudah menyokong mahasiswa komunis.Walter Gropius saran mobil gerbong Mies itu der Rohe menjadi direktur baru disetujui.Van der Rohe secara radikal mengubah kurikulum: dia menggabungkan bengkel dan bagian arsitektur dan menyebutkan kembali mereka “Bau und Ausbau” (arsitektur dan penghiasan dalam), mengiklankan, Fotografi dan Menenun.

Keberhasilan Sosialis Nasional pada 1933 bermaksud penutupan Bauhaus untuk final.Mies van der Rohe mencoba meneruskan Bauhaus sebagai lembaga pribadi di Berlin, tetapi paksa Gestapo Bauhaus untuk larut pada 20 Juli 1933.Pendekatan rasionalisme dan desain untuk mesinPara desainer yang pernah menjadi direktur Bauhaus adalah:
1. Walter Gropius (hingga 1928)
2. Johannes Itten
3. L. Mies Van der Rohe yang terkenal dengan konsep ‘Less Is More’ dikemudian hari.Huruf Universal yang diciptakan Herbert Bayer (1925) Kelas seni di Bauhauas memberikan pelajaran kriya (crafts), tipografi desain industri dan komersial , patung, lukisan, dan arsitektur. Pengajarnya antara lain pelukis abstrak Paul Klee (Swiss),Wassily Kandinsky (Rusia) dan pelukis yang juga desainer, Laszlo Moholy-Nagy (Hungaria), dan lain-lainnya. Tahun 1923 adalah pameran pertama karya siswa. Salah satu karya interior yang dipamerkan adalah kantor direktur Walter dan rumah tinggal eksperimental, The Haus Am Horn, yang dibangun oleh siswa Bauhaus.
Ide-ide baru diberikan oleh Paul Klee dan Vassilly Kandinsky yang mengajar Bauhaus tahun 1920-1921. Klee menerapkan senirupa modern dengan seni primitif dalam komunikasi visual. Kandinsky memakai konsep bahwa warna dan bentuk memiliki nilai-nilai spiritual dan makna tersendiri. Johannes Itten menerapkan metode kursus yang sampai sekarang masih dipakai pada pendidikan tinggi desain.
 

BAUHAUS PINDAH, BAUHAUS DITUTUP

Pada 1925 Bauhaus pindah dari Weimar ke Desau. Di tempat baru ini dibuat bangunan pusat Bauhaus yang diarsitek oleh Walter Gropius. Bangunan ini memiliki arti penting dalam sejarah arsitektur modern. karena bangunan ini dirancang lebih kompleks dan utuh. Jerman ibarat medan pertarungan ideologi yang tak berkesudahan saat itu, sebuah peristiwa penting terjadi. Saat Bauhaus tengah ‘masyuk’ dengan program dan hasilnya yang gemilang, kapak ‘Nazi-Hitler’ selain aktif menebas musuh ideloginya ternyata juga menebas Bauhaus, Bauhaus dibubarkan oleh Hitler (1933) karena terlalu universal dan kurang nasionalis serta dituduh komunis Bolshevik. Hingga menyebabkan institusi yang ironinya berjasa membangkitkan ekonomi Jerman dan justru bertempat di Jerman. Dengan ditutupnya Bauhaus pada 1933 oleh Nazi. Awalnya Para desainer beremigrasi ke Amerika antara lain Lazlo Moholy-Nagy yang menciptakan New Typography
Para desainer eks-Bauhaus mencoba mendirikan kembali Bauhaus di Amerika, namun tidak bertahan lama. Gropius, Mies dan pemimpin fakultas lainnya di Bauhaus melarikan diri ke Amerika dan disana, Gropius mengajar di Universitas Havard. Justru akibat pelariannya ini, pengaruh Bauhaus, teori disain, arsitektur dan metode edukasi seninya seperti semakin bersemi di daratan Amerika dan kian menyebar di negara eropa lainnya. Jasa Bauhaus yang terbesar bagi dunia selain yang sudah disebutkan adalah:

Menciptakan metode pendidikan senirupa, desain, kriya dan arsitektur yang terpadu, dan
Memberi bentuk yang jelas mengenai apa dan bagaimana desain modern (yang kemudian terkenal dengan ‘international style’

PONDASI BAUHAUS DESSAU

Bauhaus, yang didirikan di Weimar 1919 oleh Walter Gropius, ialah Jerman ‘s paling terkenal dan kebanyakan seni avant-garde dan pola sekolah.

– The Bauhaus Building di Dessau terbuat berdasarkan bentuk oleh Walter Gropius di 1925/26 ketika situasi politik di Weimar memaksa sekolah untuk pindah ke Dessau.

– Itu adalah arsitektur gedung ini serta arti Bauhaus untuk arsitektur dan pola pada abad ke20 bahwa termotivasi UNESCO untuk menambahkan Bauhaus Building dan Rumah Tuan di dekat ke Daftar Peninggalan Dunia mereka Desember 1996.

– The Bauhaus Dessau Foundation adalah pusat untuk pola percobaan, penelitian dan mengajar.

SEJARAH PARA MANTAN DIREKTUR BAUHAUS SECARA UMUM

1. Walter Groupis (pelopor Bauhaus)

200px-walter_gropius_foto_1920.jpg

Walter Adolph Georg Gropius lahir di Berlin (Jerman, 18 Mei 1883 – 5 Juli 1956)yang Walter Gropius adalah Anak lelaki seorang arsitek berhasil seorang di antara arsitek dan pendidik paling penting abad ke20., Gropius mendapat latihan profesionalnya di Munich. Sesudah setahun perjalanan lewat Spanyol dan Itali, dia menghubungi kantor Peter Behrens, arsitek Eropa hari yang paling penting, di Berlin.

Pada 1910, Pabrik Fagus di Alfeld–der-Leine (1911) dengan segera memperlihatkan reputasinya sebagai seorang arsitek penting. Penting untuk bagian luar kaca lebar dan dermaga sempitnya, muka sayap utama adalah pratanda logam modern dan kaca tirai tembok.Gropius mewariskan Behrens pada kerja di kemitraan dengan Adolf Meyer sampai 1924-25. Periode ini adalah yang dari karir panjang Gropius yang paling berhasil; dia mendesain kebanyakan gedung berartinya selama kali ini.Penghilangan elemen kuat di pojok struktur menaikkan kesan gedung sebagai volume transparan yang dilampirkan dengan gelas. belajar di Munish.Setelah perang dunia I

Walter Groupis bekerja di bauhaus di sebuah sekolah yang menggabungkan arsitek (awalnya arsitek termasuk dalam pertukangan dan tidak ada hubungan dengan seni. Dikarenakan seni lebih memperhatikan feeling )dengan seni, hingga menjadi sekolah desain yang pertama didunia ( cikal bakal Desain Komunikasi Visual ). Revolusi metode dan berani dalam penggunaan bahan – bahan bangunan di rekomendasikan oleh Walter di Weimar dan Bauhaus dipindahkan ke Dessau pada tahun 1925 Dengan kenaikan Adolf Hitler untuk menggerakkan pada 1933, Gropius melarikan diri ke Inggris, di mana dia berlatih secara singkat dengan Edwin Maxwell Fry . Pada tahun 1934-1937 disaat Hitler mempunyai kekuatan.Walter groupius berpindah ke London disana ia mendesain pabrik – pabrik dan perumahan.Dan saAt di USA ia menjadi Profesor arsitek di universitas Harvard(1937-1952). Kemudian pada tahun 1944 dia menjadi warga negara US. Pada 1925 Bauhaus dipaksa untuk pindah ke Dessau, di mana penanda penting arsitektur modern terbuat: Bauhaus di Dessau (1925-26). Senjang di susunan keseluruhannya, Bauhaus terdiri atas beberapa gedung yang dihubungkan, masing-masing Berisi sebagian penting sekolah (termasuk administrasi, ruang kelas, dan angkasa studio).Sayap bengkel, 4-cerita diolesi kotak, adalah bagian kompleks yang paling menyolok. .

Pada 1946 dia membentuk kelompok yang dinamai Architects Collaborative, yang melaksanakan banyak komisi penting, termasuk Harvard Graduate Center (1949), Kedutaan Besar AS di Athena (1960), dan Universitas Baghdad (1961).

Dia secara luas dihormati sebagai seorang guru dan mendesain sejumlah gedung Amerika, termasuk Harvard University Graduate Center (1950).
Dia mendesain Panci Membangun (1963) di New York City di kerjasama dengan orang Amerika Itali arsitek Peitro Belluschi.

Gropius mendukung collaborative usaha di proses bentuk dan mendirikan perusahaan yang dijalankannya dengan sampai kematiannya di Boston pada 5 Juli, 1969.

2. Johannes Ittnes

johannes.jpg

lahir diantara Südern-Lindern yaitu di Bern Oberland di atas 11 November 1888, Johannes Itten adalah anak lelaki seorang guru dan dia berlatih sebagai seorang guru sekolah pokok di institut yang melatih calon guru di Bern.

Sesudah secara singkat mengajar sekolah dasar, Johannes Itten melewatkan semester di Geneva École des Beaux-Art di Genf sebelum Mengambil diploma di ilmu pasti dan ilmu pengetahuan untuk mengajar menengah sekolah.

Perjalanan di luar negeri, tetapi, meyakinkan Itten bahwa dia akan lebih bahagia dan lebih baik sebagai seorang pelukis. Pada tahun 1913 Itten berlatih dibawah bimbingan Adolf Holzel di Stuttgart, dimana dia bertemu Ida Kerkovius, Oskar Schlemmer dan Willi Baumeister. Itten Pindah ke Wina pada 1916, di mana dia diilhami oleh musik dan lingkungannya teman di Wina, yang termasuk Adolf Loos dan Alma Mahler. Mereka kemudian memperkenalkan Johannes Itten dengan Walter Groupis. Yang memanjang kepada Itten salah satu undangan pertama untuk mengajar di Bauhaus di Weimar pada 1919.

Sedangkan mengajarkan di Weimar antara 1919 dan 1923, Itten memperkembangkan doktrin universal pola, yang diajarnya sebagai Bauhaus pendahuluan jalan.

Sesama guru Bauhaus Itten ialah Gerhard Marcks, Lyonel Feininger, Georg Muche, Oskar Schlemmer, Lothar Schreyer, Paul Klee dan Wassily Kandinsky , oleh sekarang disambut dengan gembira di dunia internasional, dia mewakili Swis di Venice Biennale ke33 Pada 1926, tetapi, Itten mendirikan sekolah seninya sendiri di Berlin untuk melatih pelukis, printmakers, juru potret dan arsitek.

Di 1932 Johannes Itten masih mengajar di sekolah swasta tetapi juga mengajar di Krefeld School of Textile Design, di mana dia melatih perancang tekstil industri sampai 1938, ketika dia beremigrasi ke Belanda.

Di akhir 1938, Itten menjadi direktur Museum Sastra dan Keahlian di Zurich dan sekolah bergabung dengannya. Johannes Itten bekerja teramat keras pada tahun-tahun yang mengikuti, Mengajar dan memuat pos administratif di beberapa sastra dan keahlian sekolah dan museum.

Mengajar, tidak memberi sebegitu banyak kuliah dan pameran penyelenggara yang mewarisi Johannes Itten sebenarnya waktu karena melukis.
Tidak sampai dia pensiun pada 1955 adalah Itten dapat bertekun secara intensif sampai kerjanya sendiri.

Johannes Itten memaparkan pengalaman dan pengetahuannya warna di Kunst and Farbe [Art and Colour: 1961]. Itten menindaklanjuti buku itu dengan lain, Mein Vorkurs adalah Bauhaus [Jalan Pendahuluan Saya di Bauhaus] di bentuk dan pola.
Darmstadt Polytechnic menghadiahkan Johannes Itten gelar doktor kehormatan pada 1965.

Di 1966 Itten menyambut ‘Netherlands Sikkens Art Prize’ dan, oleh sekarang disambut dengan gembira di dunia internasional, dia mewakili Swis di Venice Biennale ke33. Johannes Itten meninggal di Zurich pada 25 Maret 1967

3. Ludwig Mies Van de Rohe

 ludwig.jpg

Lahir diaachen, Jerman, pada 27 Maret, 1886. Sesudah sudah berlatih dengan bapaknya, seorang tukang ahli batu Di 19 dia pindah ke Berlin, di mana dia bekerja untuk Bruno paul, seni nouveau arsitek dan mebel perancang. Di umurnya yamg ke 20 dia mendapat jabatan mandiri pertamanya, untuk merencanakan rumah bagi seorang filsuf (alois riehl).
Pada 1908 dia mulai bekerja untuk arsitek mereda behrens. dia belajar arsitektur orang Prussia Karl friedrich schinkel dan Lloyd terus-terang wright. Dia membuka kantornya sendiri di Berlin di 1912, dan menikah pada 1913. Sesudah World War I, dia mulai belajar pencakar langit dan mendesain dua menara yang dibingkai dengan baja yang inovatif menaruh di dalam kotak di glass. satu di antara mereka friedrichstrasse pencakar langit, didesain pada 1921 selama pertandingan. Tidak pernah dibangun, walaupun mendatangkan pujian kritis dan memperkirakan bentuk pencakar langitnya terlambat 40s dan 50s.

Pada tahun1921, ketika perkawinannya berakhir, dia berganti namanya
menjadi the dutch ‘van der’ dan ibunya bernama maiden, ‘rohe’ : Ludwig mies menjadi Ludwig mies van der rohe.

Pada umur 20an dia sangat aktif di berlin dalam lingkaran avant garde (majalah ‘G’ dan organisasi diantaranya ‘novembergruppe’,’zehner ring’,dan’arbeitsratfur kunst’)pendukung seni moderen dan arsitektur antar aseniman – seniman seperti hans richter, el lissitzky, and theo van doesburg, dan lain- lain. Sumbangan utama samapi filsafat sampai arsitektur yang telat 1920 dan 1930 dia membuat direktur seniman werkbund menjadi sponsor weissenhof, sebuah model perumahan di Stuttgart. Apartemen dan rumah modern didesain dengan menuntun arsitek Eropa, termasuk blok oleh mies.

Pada 1927 dia mendesain salah satu gedungnya yang paling terkenal,/paviliun Jerman di pameran internasional di Barcelona Di 1929, aula kecil ini, dikenal sebagai barcelona paviliun (untuk yang dia juga mendesain krom dan kulit terkenal ‘barcelona kursi’), menyebabkan atap datar disangga oleh kolom. Di dalam dan di luar lebih jauh menjelajahi di proyek lain dia mendesain selama dasawarsa-dasawarsa untuk datang. Mies mulai bekerja dengan lilly reich, yang tinggal kolaborator dan temannya selama lebih dari sepuluh tahun.

Pada 1930, mies menjumpai New York arsitek Philip johnson, yang memasukkan beberapa proyeknya in
terlebih dulu arsitektur pameran MoMA’ yang pertama bertahan pada 1932, modern arsitektur : pameran internasional, berterimaksih kepada mies yang memulai bekerja untuk diketahui o;eh amerika serikat
Di umurnya yang ke 30, tak satu bentuknya pun dibuat karena perubahan ekonomi dan politik sampai ke akar-akarnya mendahului germany. dia ialah direktur bauhaus sekolah dari 1930 sampainya disbandment pada 1933, tutup di bawah tekanan dari yang baru nazi pemerintah.

Dia pindah ke Amerika Serikat pada 1937. Dari 1938 sampai 1958 dia ialah bagian depan bagian arsitektur di institut baju baja teknologi di Chicago, nanti menyebutkan kembali institut Illinois teknologi.

Di umurnya yang ke 40, diminta mendesain kampus baru bagi sekolah, proyek di yang dia terus untuk memperhalusnya baja-dan-kaca style. dia juga sudah membentuk hubungan baru dengan Chicago seniman lora marx itu akan bertahan untuk sisa hidupnya.

Menjelang 1944, dia sudah menjadi seorang warganegara Amerika dan sehat didirikan secara profesional.Pada periode ini dia mendesain salah satu gedungnya yang paling terkenal, akhir pekan kecil mundur di luar chicago, sebuah kotak transparan dibingkai oleh delapan baja bagian luar kolom.

Di 50s dia terus memperkembangkan konsep angkasa fleksibel yang terbuka ini di banyak lebih besar scale:
pada 1953, dia membangun aula rapat, inovatif adalah sistem struktural yang meliputi jarak besar.

Selama periode ini dia juga mewujudkan impiannya pembangunan pencakar langit kaca. ‘menara kembar’ di Chicago dilengkapkan pada 1951, followed
oleh lain naik tinggi di Chicago, New York, Detroit, Toronto.Memuncak pada 1954 dengan/’seagram’ membuat New York, yang dikatakan karya agung pola pencakar langit untuk karirnya dia tercapai pada 1959 ‘orden mengalir Le merite’ (Jerman) dan pada 1963 ‘medali presiden kebebasan’ (AS).

Pada 1962, karirnya terdapat lingkaran penuh ketika dia dipersilahkan mendesain ‘balai nasional yang baru’ di Berlin. Bentuknya untuk gedung ini mencapai pandangannya struktur baja terbuka yang secara langsung menyambung angkasa dalam sampai pemandangan yang memegang panjang.Dia kembali ke Berlin beberapa kali sedangkan balai di bawah pembuatan, tetapi tak dapat menghadiri lubang pada 1968.
Dia meninggal di Chicago pada 17 Agustus, 1969.

CONTOH – CONTOH KARYANYA :

b.jpg

The Lake Shore Drive Apartments, Chicago, designed by Mies van der Rohe; photographed in 1955

 c.jpg

Plan of the Barcelona Pavilion showing structural columns and spaces defined by screen-walls

PENGARUH BAUHAUS DI INDONESIA

Lihatlah hutan gedung pencakar langit di Jakarta, atau kota metropolis lainnya. Sepanjang mata memandang yang terlihat hanyalah citra bentuk simetris dengan gaya industrial. Nyaris tanpa aksentuasi sehingga siapapun yang berharap menemukan ornamentasi bakal kecewa. Citra bentuk arsitektural ini sejalan dengan diktum Ludwig Mies Van Der Rohe dengan Less is More-nya (kurang adalah lebih) seolah menggilas ornamentasi yang dalam konsep Mies diubah menjadi bentuk abstrak dan geometric modern. Kelak ciri inilah yang menjadi gaya internasional (international style) arsitektur modern.

Mies adalah tokoh Bauhaus, sebuah sekolah seni berpengaruh di Jerman. Prinsip-prinsipnya menegaskan semangat kaum Bauhaus yang bercita-cita membuat perubahan baru dalam seni, desain dan arsitektur dengan menolak eklektisisme, sebuah era dimana seni intim dengan citra artistik lokal seperti gaya Victorian dan sebagainya. Selain Mies, juga ada Walter Gropius sebagai nama penting dan berpengaruh di Bauhaus. Tujuan Bauhaus adalah menyatukan semua kerja kreatif, menghimpun semua disiplin seni praktis (patung, lukis, kerajinan dan kriya) sebagai komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu arsitektur.

Prinsip-prinsip Bauhaus

Bauhaus adalah institusi yang menarik. Tidak hanya merupakan lembaga edukasi, namun sekaligus Bauhaus mempunyai prinsip yang ‘idelogis’ sifatnya. Misalnya, bahwa seni harus bertemu dengan keinginan masyarakat, tiadanya batasan antara seni murni (fine arts) dan seni terapan (applied arts). Secara eksplisit Bauhaus mengutarakan prinsip idelogisnya antara lain : menyelamatkan seni dari isolasi terhadap dirinya dan kemudian menemukan kembali dirinya (Whitford, p.11). Mengembangkan keahlian seni dan kriya (crafts) individual dan bekerjasama dengan mengkombinasikan semua keahlian, Kedua, membebaskan dan menaikkan status, kriya (crafts), kursi, lampu, teapot dan lainnya kepada level yang sama dengan lukisan, patung. Dan ketiga, mengatur kontak kepada pimpinan industri dan kriya (crafts) demi keuntungan mandiri dari ketergantungan dukungan pemerintah dengan cara menjual disain ke industri.

Ini merupakan salah satu font bauhaus yaitu ITC Bauhaus Demi :

a.jpg

Daftar pustaka:
http://www.bauhaus.de/english/bauhaus1919/index.htm
http://sudjuddartanto.blogspot.com/2006/11/bauhaus-kala-pilar-seni-modern.html
http://www.germanheritage.com/biographies/atol/gropius.html
http://www.myfonts.com/fonts/linotype/itc-bauhaus/
http://www.kompas.co.id/read.php?cnt=.xml.2008.02.14.08414045&channel=1&mn=46&idx=49
http://spaceshipjournals.blogspot.com/